Kamis, Juni 18, 2009

Kunjungan Ke Perpustakaan Soeman HS Riau

Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau atau yang lebih dikenal dengan Perpustakaan Soeman Hs kini menjadi tujuan wisata baru di Riau yang berbasis edukasi.Perpustakaan Soeman Hs di Pekanbaru yang dibangun Pemerintah Provinsi Riau sejak tiga tahun lalu, difungsikan mulai Selasa (28/10/2008) dan dibuka untuk umum.Peresmian gedung perpustakaan daerah yang mengambil nama sastrawan nasional Angkatan Pujangga Baru Soeman Hs tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Riau, H. Wan Abubakar di Pekanbaru.

Hingga kini jumlah anggota yang aktif sebesar 20.358 orang dan mereka dapat mengakses sekitar 72.259 judul buku yang berjumlah 213.432 eksemplar.
Gedung berlantai enam yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman itu menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp144 miliar dengan dana Rp118 miliar di antaranya adalah untuk anggaran fisik.
Gedung mewah berarsitektur modren tropis menyerupai buku terbuka atau rehal (bangku kecil untuk alas membaca Al Quran), memiliki daya tampung setiap lantainya sebanyak 1.000 pengunjung.Perpustakaan megah berdinding kaca itu tidak hanya dilengkapi ruangan baca tapi juga terdapat ruangan kedap suara untuk diskusi, tetapi juga ruang seminar, plaza serta kafe.
Guna memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para pengunjung, Perpustakaan Soeman HS milik Pemprov Riau terus saja melengkapi fasilitasnya. Selain perpustakaan ini telah dilengkapi koneksi internet, juga terus menerus menambah koleksi bukunya.
"Kita akan berusaha memanjakan para pengunjung dengan terus melengkapi fasilitas perpustakaan, selain kini sudah ada koneksi internet kita juga terus menerus menambah koleksi buku yang dibutuhkan masyarakat," ungkap Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Riau, Naili Saidi di Pekanbaru saat penyambutan Peserta Bintek Perpustakaan dari Provinsi jambi tanggal 11 juni 2009.
Dia mengatakan, untuk tahun 2009 ini direncanakan koleksi buku Perpustakaan Soeman HS akan bertambah sebanyak 25 ribu eksemplar.
dalam kesempatan kali ini kami melihat langsung keadaan perpustakaan terbesar dan termegah ini,,sungguh sangat menakjubkan. karena itu tak heran banyak peserta bintek yang mengabadikan momen penting ini melalui kamera HP ataupun digital.
semoga suatu saat saya beserta kawan - kawan yang lain diberi kesempatan kembali berkunjung ke Perpustakaan Soeman HS.

2 komentar: