Sabtu, Juni 20, 2009

Kunjungan Ke Perpustakaan MAN 2 Model Pekanbaru

salah satu agenda yang dipersiapkan oleh panitia Bintek Perpustakaan Provinsi Jambi selain berkunjung ke Perpustakaan Soeman HS Riau adalah kunjungan ke perpustakaan MAN 2 Model Pekanbaru sebagai salah satu perpustakaan terbaik di pekanbaru pada hari jum'at 12 juni 2009.Dalam kesempatan ini kami diberi kesempatan mengenal dan melihat langsung perpustakaan MAN 2 Model tersebut.



untuk diketahui, MAN 2 Model Pekanbaru yang saat ini sedang giat-giatnya mempersiapkan diri menjadi Madrasah Nasional Bertaraf Internasional (MNBI) pada tahun 2009 ini.

MAN 2 Model Pekanbaru yang beralamat di Jalan Diponegoro no.55 ini pada mulanya bernama Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), yang pada waktu itu 3 tahun dan selanjutnya berubah menjadi PGAN 6 Tahun. Pada zamannya PGAN sangat populer di kalangan pelajar kota Pekanbaru. Selain terkenal dengan pendidikan agamanya, PGAN juga terkenal dengan ekstrakulikulernya pada waktu itu yang paling menonjol adalah Pramuka.

Pada tahun 1993, PGAN beralih status menjadi MAN 2 Pekanbaru. Singkat cerita, semenjak Drs.H.Mukhlis Munaf menjabat kepala sekolah, prestasi MAN 2 terus menanjak. Alhasil MAN 2 naik status menjadi MAN percontohan di Riau, hingga namanya berubah menjadi MAN 2 Model Pekanbaru. Karena perkembangan prestasinya sangat cepat, MAN 2 Model mendapat penghargaan MAN terbaik Nasional kategori Model (Percontohan).
Nah, hal ini-lah yang membuat Kantor Wilayah Departemen Agama Riau merencanakan MAN 2 Model Pekanbaru sebagai Madrasah Nasional Bertaraf Internasional tahun 2009 mendatang. Untuk mewujudkan MAN 2 Model Pekanbaru sebagai Madrasah Nasional Bertaraf Internasional, sekolah itu menjalin kerja sama dengan MAN Insan Cendikia Serpong. Telah banyak perubahan terjadi di sekolah ini hingga menjadi salah sekolah terfavorite di Pekanbaru,.

Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia Biologi dan Bahasa Inggris yang diikuti oleh seluruh Madrasah Aliah Negeri yang di Riau ini kembali diselenggarakan di MAN 2 Model Pekanbaru jalan Diponegoro no.55. Pada hari penyerahan piala itu juga dihadiri oleh perwakilan Dari Kanwil Depag, namun sayang prestasi “langganan” sekolah yang dipersiapkan menjadi Madrasah Nasional Bertaraf Internasional pada tahun 2009 ini tidak disaksikan oleh Kepala sekolah(kepasek)nya karena Drs.Muliardi M.Pd, kepsek sekolah tersebut sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci.
suatu kebanggaan bagi kami ( peserta Bintek ) dapat bekunjung ke MAN 2 Model Pekanbaru...

2 komentar:

  1. mas,,seperti apa gambaran perpustakaan MAN 2 Model Pekanbaru? lengkap gak koleksinya?
    trus sistem peminjamannya gimana??
    makasih..

    BalasHapus
  2. bangunannya luas gak pak?
    trus udah pakai sistem otomasi belum????

    BalasHapus